lti express
tempat wisata di kota pontianak

Keunikan dan tempat wisata kota Pontianak yang ikonik

Cindy | 23-Sep-2020

Hallo sobat LTI Express, kali ini mimin akan sedikit membahas tentang kota yang sudah menjadi ikonik di Indonesia sebagai Kota Khatulistiwa.

Kota yang memiliki populasi penduduk berjumlah 665.017 jiwa yang terhitung dalam sensus penduduk tahun 2019 ini, sebagian besar perekonomiannya bertumpu pada dunia  industri, perdagangan dan juga pertanian.

Sering kali para pelaku industri dari pulau jawa seperti Surabaya mengirimkan barang dengan LTI Express ke tujuan Pontianak karena Pontianak ini juga termasuk salahsatu kota spesialis tujuan kami.

HOT NEWS Ads
Ekspedisi Surabaya Pontianak

Membutuhkan pengiriman barang dari Surabaya ke Pontianak? Klik link yang ada di bawah ini

Baca selengkapnya

Keunikan Kota Pontianak

Kota Pontianak adalah Kota yang dijuluki sebagai kota Khatulistiwa, karena dilalui garis lintang nol derajat atau garis khatulistwa. Selain itu, kota Pontianak adalah Ibu Kota Provinsi Kalimantan barat sekaligus menjadi kota terbesar loh yang ada di Provinsi tersebut.

Terdapat sebuah tugu Khatulistiwa yang menjadi tempat ikonik di Kota Pontianak itu sendiri. Selain itu, kota Pontianak ini dilalui 2 sungai ini yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang bahkan kedua sungai ini sudah tergambar di dalam logo kota Pontianak.

7 tempat wisata di kota Pontianak

Tak hanya populer dengan berbagai julukan dan keunikan yang barusan kami sebutkan, kota Pontianak ini memiliki beragam tempat wisata yang bisa dibanggakan. Berikut adalah 7 tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan tujuan liburan anda :

Keraton Kadriah

wisata di pontianak

Keraton ini dibangun oleh Sultan pertama kesultanan Pontianak pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie. Bangunan yang didominasi oleh  warna kuning ini dilengkapi dengan kayu besi karena kekuatannya.

Di halaman terdapat Meriam kuno peninggalan Jepang dan Portugis. Sedangkan di dalam bangunan anda bisa menemukan singgasana sultan serta permaisuri. Dilengkapi dengan foto-foto dan pakaian serta koleksi milik sultan.

Satu satunya koleksi Sultan yang unik adalah Al-Qur’an yang ditulis tangan sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie.

Masjid Jami’ Pontianak

wisata di pontianak

Masjid ini biasa dikenal juga dengan Masjid Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie. Masjid yang dibuat dengan gaya rumah panggung untuk menghindari banjir saat sungai Kapuas meluap. Masjid ini terletak ±200 meter dari Keraton Kadriah. Tak jarang pula para pengunjung Masjid Jami’ Pontianak ini sekaligus duduk bersantai hingga berfoto ria di depan halaman masjid.

Tugu Khatulistiwa

wisata di pontianak

Tugu yang menjadi ikonik untuk Kota Pontianak itu sendiri sebagai kota Khatulistiwa. Terdapat tulisan EVENAAR(bahasa Belanda yang berarti Equator) di tengah-tengah lingkaran puncak tugu tersebut.

Di dalam tugu Khatulistiwa ada museumnya loh.. Museum yang berisi sejarah garis imajinasi bumi dan juga toko  souvenir yang menjual miniatur tugu Khatulistiwa.

Bagi anda yang ingin masuk ke tempat ini, anda tidak akan dipungut biaya. Namun apabila anda ingin mendapatkan sertifikat bukti kunjungan yang di tanda tangani oleh wali kota Pontianak, anda harus mengeluarkan uang di kantong sebesar Rp. 10.000,- saja.

Rumah Betang Radakng

Rumah ini merupakan replica rumah adat suku Dayak Kalimantan Barat. Tempat wisata andalan ini meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Rumah Betang Radakng ini memiliki ciri berbentuk rumah panggung panjang.

Rumaha Betang terdiri dari 3 bagian yaitu teras, ruang selasar, dan ruang tidur atau bilik. Rumah ini berbahan kayu ulin dan dihiasi dengan ukiran dan lukisan khas Dayak.

Taman Alun Alun Kapuas

Keberadaan Sungai Kapuas tak bisa di pisahkan dari warga kota Pontianak. Selain menjadi  jalur transportasi air, sungai ini dimanfaatkan juga sebagai taman untuk rekreasi keluarga.

Tempat ini banyak dikunjungi pada sore dan malam hari, berada di depan kantor wali kota. Taman ini memiliki replika tugu Khatulistiwa di salah satu sudutnya.

Selain itu ada banyak bangku yang bisa digunakan untuk bersantai sambal menikmati sajian makanan yang dijual di sekitar lokasi.

Museum Kalimantan Barat

wisata di pontianak

Museum ini juga biasa disebut sebagai museum negeri Pontianak.Tempat ini berada di Jl. Jendral Ahmad Yani Pontianak. 

Diluar bangunan museum terdapat taman kecil dengan jembatan kayu yang sering dijadikan spot foto oleh pengunjung.

Museum ini dibuka setiap hari Selasa s/d Kamis  aja loh.. Sayang banget kalo ngga mengunjungi tempat wisata satu ini.

Taman Digulis Pontianak

Taman yang amat sangat dikunjungi karena berada di tengah kota. Lebih tepatnya dengan bundaran di tugu Digulis.

Tugu Digulis merupakan satu diantara monumen yang didirikan untuk mengenang jasa para pejuang Syari’at Islam di Kalimantan Barat yang dibuang di Irian Barat karena dikhawatirkan terjadinya pemberontakan terhadap pemerintahan india belanda di Pulau Kalimantan. Taman yang diresmikan oleh wali kota Pontianak pada tanggal 31 Desember 2016 ini dapat dijadikan untuk spot foto, berolah raga, dan bersantai. Namun, rata-rata para penduduk Pontianak menggunakan tempat ini untuk jogging karena terdapat track jogging yang indah dan nyaman.

Kesimpulan

Nah itulah 7 tempat wisata di Kota Pontianak yang wajib kamu kunjungi. Masih banyak lagi tempat wisata atau tempat bersejarah yang ada di Kota Pontianak. Anda juga harus mencicipi berbagai macam kuliner yang menggugah selera di Kota tersebut. Hayoo mau liburan ke tempat wisata mana dulu?